Sunday, September 4, 2011

Antara Pengorbanan dan Nekat

"Mau kemana bu?"
*ke Jogja pak, bapak mau kemana?dari Jakarta mana mana pak?*
"Saya ke Sidoarjo, kalo saya dari Tangerang bu..."
*gleg...keselek*

Buseeeeettt....dari Tangerang jam berapa nih bapak en fam...? Lima orang, satu motor, dari Tangerang mau ke Sidoarjo....??? Jegleeeeerrr.... Ini seh judulnya tour de java...
Lha...saya aja yang cuma dari Jakarta, satu motor berdua, udah berasa patah semua nih tulang.

Nggak tau deh aku mau nanya apa lagi sama bapak ini,  tapi istrinya tiba-tiba bercerita tentang kehidupan mereka sampai mereka memutuskan "wisata sengsara" (istilah dari si istri) seperti sekarang. Aku hanya mampu terdiam sambil sesekali melirik pada ketiga anak mereka yang masih kecil-kecil, yang sedang tertidur kelelahan.(Tangerang - sidoarjo...??? glodaaaakkk lagi)

Huuft.... Jadi inget beberapa jam kebelakang, aku sibuk nyari Hotel hanya buat sekedar istirahat beberapa jam karena punggung ini rasanya mau patah. Ternyata perjalananku bukan apa-apa jika dibandingkan dengan pengorbanan (lebih tepatnya NEKAT) keluarga ini untuk sekedar ketemu dengan dalih "silaturahmi" sama familinya yang sudah hampir tujuh tahun tidak pernah ketemu.

Biaya Mudik mahal.... Ngga ada uang...
Klasik memang tapi ini realita, kalau mau pulkam alias mudik dengan biaya murah ya jangan pas momen hari raya, tapi jika bukan hari raya, ya ngga bisa libur seenaknya #kecuali juragan#.Dan kalau bareng sama hari raya ya beginilah resikonya... Tiket mahal, jalanan macet, badan cuapeeekkkk...

Ini sebuah fenomena apa tradisi ya....?? fenomena yang mustinya lebih dimanusiawikan, tradisi yang seharusnya lebih dipersiapkan dengan matang, jangan sampai niatnya pengen metik bunga tapi hasilnya justru panen air mata. Siapa yang mau dituntut untuk bertanggung jawab kalo sudah begini ??

Weeeww.... Tau deh, cuma bisa menikmati perjalanan sangat puanjang yang sedikit butuh pengorbanan ini. Kalau mau ngga ngerasa sengsara, ya anggap aja perjalanan ini sebuah PETUALANGAN HIDUP. *Pantat kapalan, betis bengkak kaya talas bogor, jari jadi jempol semua, muka maskeran lumpur, badan beraroma tape kematengen* catet ajalah.....namanya juga lagi melukis dikanvas hidup, biar ngga cuma warna putih aja yang dilihat, biar lebih berwarna. Bukannya berwarna itu indah ya...??

Assik lho sob... mencoba mengenal dan masuk dalam hal baru yang belum pernah sama sekali kita jalani, yah kuncinya adalah nikmati semua ini, buat cerita indah dari setiap langkah kaki yang terayun. Buat hidupmu lebih berwarna dengan segala petualangan yang menantang dalam setiap nafas hidupmu. So....., pengen berpetualang bareng mommy.... ;)

No comments:

Post a Comment